Friday 21 June 2013

Cara Efektif Berlatih Bermain Gitar

  Artikel berikut adalah rangkuman yang saya dapat dari hasil sharing dengan suhu-suhu yang pernah saya jumpai, beberapa pertanyaan yang pasti adalah : bagaimana beliau bisa jago bermain gitar, berapa kali sehari berlatih bermain gitar untuk meningkatkan skill, latihan seperti apa saja yang biasa beliau lakukan, darimana saja referensi skill dan teknik yang beliu dapatkan dll.
dan hasilnya adalah jawaban yang mirip antara beliau-beliau para master gitar, dan jawaban itu akan saya paparkan lengkap di bawah.

Sebagian dari anda pasti akan menjawab dengan sepele, "pastinya harus rajin pegang gitar, berguru dengan master dan latihan terus-menerus". ya jawaban tersebut tidak salah, tetapi kurang tepat. coba anda pikirkan, berapa banyak waktu kita terbuang percuma hanya untuk berlatih bermain gitar? dan apakah anda seorang yang tidak memiliki titik jenuh?
well, banyak sekarang anak kecil jago banget main gitarnya dan akademis nya juga baik tanpa mengurangi sosialisasi terhadap lingkungan sekitar.

Simak Tips nya

  • Niat
    anda mencintai gitar dan anda punya keinginan untuk bisa melakukan nya.
    ini 80% jawaban dari beberapa suhu yang saya ajukan pertanyaan.
    .
  • Konsekuen
    biasakan waktu luang anda gunakan untuk berlatih bermain gitar
  • Senam Jari / Fingering
    Sudah umum sekali para gitaris melatih jarinya dengan cara fingering, fungsinya adalah untuk membiasakan jari-jari kita memainkan dawai dari gitar dan mempertahankan elastisitas jari kita agar skill permainan gitar kita tidak menurun.
    hanya perlu meluangkan waktu 10menit perfingering.
    waktu yang efektif untuk kita fingering adalah ketika kita bangun tidur, selesai beraktifitas di luar, dan sebelum tidur.
    untuk cara nya yaitu bertahap, mulailah dari yang sederhana hingga ke pola yang menurut anda sulit dan biasakan tempo yang tetap, bisa menggunakan metronom untuk melatih tempo kita.
    setelah dirasa lancar pada tempo tersebut, maka pada fingering berikutnya anda bisa naikkan temponya lagi dan terus berulang menggunakan berbagai macam pola fingering yang menurut anda masih sulit.

    catatan : jangan memaksakan diri ketika tangan memang benar-benar sudah kaku dan sakit karena tidak mendapat pasokan darah yang cukup dari tubuh, sebaiknya anda melemaskan sejenak tangan anda. karena bila di paksakan, dapat berakibat syaraf otot yang mati dan berakibat kelumpuhan permanen pada jari, walaupun itu hanya teori secara medis dan belum pernah saya mengetahui faktanya.
    .
  • Perbanyak Referensi Materi Lagu
    ini akan berpengaruh pada kebiasaan dan feeling kita dalam membentuk pola nada
    .
  • Jangan Bergantung Pada Tab / Chord
    untuk anda yang masih dalam tahap belajar dan memahami tangga nada dan chord, boleh lah anda menggunakan. tetapi biasakan anda ulik lagu tersebut dengan cara mendengarkan sambil mempraktekkan nya. ini akan lebih efektif melatih feeling kita dalam mengenal nada dan pola.
    .
  • Perbanyak Referensi
    ini melingkupi, sharing dengan para gitaris-gitaris mengenai apapun yang anda rasa belum begitu memahaminya,
    mencari video solo gitaris-gitaris yang banyak beredar di internet.
    akan ada banyak sekali hal baru yang akan anda dapatkan, dan anda akan selalu merasa haus ilmu dalam bermain gitar.
dari jawaban di atas maka anda dapat mengembangkannya sendiri bukan?
sebagai penutup, ada pesan dari sesepuh master yaitu : "apabila anda senang melakukan nya, maka anda akan menguasainya"
salam halamanmusik!
update terus info dari halaman kami dengan cara joint atau like fans page kami yang terdapat di bilah kanan halaman ini.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free blogger Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes