Thursday 30 May 2013

Jenis kayu dan karakter suara yang di hasilkan gitar elektrik



halamanmusik-

89% bagian pada gitar terbuat dari kayu, kecuali gitar fiber.
dengan demikian kayu memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap sound yang di hasilkan oleh gitar.

nb : kayu yang berasal dari tempat yang panas dan bertekstur kering cenderung memiliki suara sound yang crunch dan tone jelas, sebalik nya dengan kayu yang berasal dari tempat banyak air dan bertekstur lembab

Alder (Alnus rubra)
 

kayu jenis ini pastinya sudah sangat populer di telinga anda para pecinta fender stratocaster, jenis dari kayu ini sangat ringan dan memiliki tone yang mid tetapi cenderung bright, kayu ini baik di gunakan untuk bagian body atau top, karena apabila di gunakan untuk neck akan sangat rawan terjadi over presisi karena kurang kuat menahan senar,
alder memiliki corak yang indah, dengan demikian banyak orang melakukan finishing dengan clear atau candy agar terlihat serat kayu dan tampak natural

Ash (Fraxinus Americana)
 

ash memiliki tone yang cenderung bright, dan berserat sedikit kasar. dan di indonesia terdepat kembaran ash yaitu kayu sungkai. perbedaan nya jarak serat lebih lebar dan kayu bertekstur lebih kasar. dan kayu ini sedikit lebih berat dari alder, akan tetapi masih tergolong kayu dengan bobot ringan.
 
 
Basswood (Tilia American)
Basswod memiliki karakter tone yang mid cenderung warm, warnanya sangat terang dan seratnya samar-samar. kayu ini sangat rentan dengan tekanan karena jenis nya yang soft, jadi yang memiliki gitar dengan kayu jenis ini, sebaiknya di jaga baik baik ya biar nggak boncel.
 
Mahogany (Khaya Ivorensis) :
Mahogany atau mahoni adalah kayu dengan karakter sound yang warm dan sustain yang panjang. dengan tekstur tegas dan kuat. sehingga banyak juga di gunakan sebagai perkakas rumah tangga. kayu ini bisa di gunakan untuk body, top ataupun neck. akan tetapi kurang baik di gunakan untuk fingerboard karena pori-porinya yang lebar membuat nya mudah terlihat kotor.

Maple

Kayu dengan ragam corak ini juga termasuk kayu yang kuat, dengan demikian kayu ini biasa di gunakan untuk neck, fretboard ataupun top. sound yang di hasilkan dari maple adalah bright.
contoh maple dan nama berdasarkan coraknya.

Flamed Maple
Quilted Maple
 

Rosewood (Dalbergia Latifolia)



Kayu ini tergolong berat dan lebih berat dari mahogany menurut saya, selain berat kayu jenis ini juga sangat kuat dan padat, sehingga sering di gunakan untuk fretboard dan bahkan bridge untuk jenis gitar akustik. jenis tone dari kayu ini sangat warm dan memiliki sustain yang panjang. 
di indonesia kayu ini memiliki nama sonokeling. 

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free blogger Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes