Sunday 9 June 2013

Cara menghilangkan nois yang mengganggu pada gitar, bass, efek dan ampli

Noise yang terdengar pada sound tentunya akan terasa mengganggu dan membuat suara yang keluar dari ampli atau sound out tidak bersih. sebelumnya anda harus tahu bagian mana yang menyebabkan suara noise tersebut, apakah gitar, efek / ampli.
cara test nya bisa dilakukan dengan cara melepas satu-persatu kabel seperti pada gambar di bawah di mulai dari gitar hingga ampli.
apabila kita sudah melepas kabel 1 - 6 dan noise sudah tidak terdengar, kemungkinan noise terjadi karena gitar, efek atau kabel yang rusak.



 
 
berikut cara mengatasi noise
Noise Ampli
ada berbagai cara menghilangkan nois pada ampli. berikut adalah menghilangkan nois dengan cara mengganti dan memperbaiki komponen pada ampli :
1. ganti kapasitor input dengan kapasitor 1uf/250v
2. ganti resistor 100k di dekat input dengan resistor 47k
3. ganti resistor gain 33k(OCL) dengan 30k, 22k(gain clone) dengan 20k
4. Cek jalur pcb
5. Jika memakai transistor model jengkol, pasanglah mur/baut kuat
6. Paralel resistor 560 yang terhubung ke vcc, dengan tripot 2k kaki tengah disatukan ke pinggir, set trimpot pada posisi 2k, lalu test output amplifier (tanpa input audio) dengan multitestter, set multitester pada posisi DCma yg terkecil, apabila tegangan terukur sebesar 100-250ma, putar trimpot sedikit, dan test lagi, hingga tegangan terukur 0 volt

atau anda bisa ground ampli ke tanah sedalam kurang lebih 1meter.
caranya siapkan kabel panjang dan besi ukuran 1,5meter, lilitkan kabel pada connector jack ampli dan ujung satunya lilitkan pada besi kemudian tancapkan besi pada tanah sekitar 1meter.
 Noise Pada Kabel
Penyebabnya bisa jack yang kualitas nya kurang baik atau serabut tembaga di dalam kabel rusak karna terlipat-lipat,
cara mengatasinya beli jack dengan kualitas yang baik (saya tidak menyarankan merk tertentu, tetapi rata-rata yang bagus harganya di atas 10rb/biji)
dan ganti kabel dengan kualitas yang baik juga.

Noise Pada Efek
nois pada efek bisa di karenakan adaptor yang tidak sesuai atau stabil, sekarang di pasaran terdapat sangat banyak adaptor multi untuk berbagai macam efek dan tegangan tertentu. saran kami gantilah adaptor dengan yang lebih sesuai, bila noise terjadi karena kerusakan komponen pada efek, maka butuh perbaikan komponen atau membuat ground di output nya ke potensio atau baut

Noise Pada Gitar
Jika nois timbul karena gitar itu sendiri, berupa nois atau buzz yang dapat hilang dengan cara menyentuhkan jari padastring atau bridge, itu di sebabkan oleh wiring yang kurang tepat.
Banyak juga noise yang timbul karena gelombang elektromagnetik (EMI/RF) seperti buzz yang timbul karena gitar berada di dekat aliran listrik, microwave, handphone, layar monitor dan lain sebagainya.
untuk masalah seperti itu bisa di atasi dengan cara shielding menggunakan cat khusus yang sudah banyak di jual di pasaran.

untuk lebih detailnya berikut cara step by stepnya akan kami bahas di artikel berikutnya.
update terus info dari halaman kami.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free blogger Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes