Friday 12 April 2013

MEMILIH PICKUP GITAR ELEKTRIK


pickup humbucker
pickup single coil



Pertimbangan ketika akan memilih pickup ada sangat banyak sekali :

1.       HUMBUCKER DAN SINGLE COIL
Humbucker adalah jenis pickup yang di perkenalkan oleh gibson dan berfungsi untuk meminimalisir noise, pada umumnya pickup humbucker berukuran 2 kali lebih besar di bandingkan dengan pickup single coil, akan tetapi sekarang sudah ada pickup humbucker berukuran kecil yang berguna untuk anda yang menginginkan sound humbucker berbentuk single coil.
tetapi sekarang humbucker juga ada yang bisa di split atau memiliki 2 karakter suara, yaitu humbucker dan single coil, karena memiliki 2 IC dan menggunakan potensio stereo untuk switch nya.
karakter suara dari pickup humbucker ini sangat tebal dan mempunyai output yang besar

sedangkan pickup single coil berkarakter lebih tajam dan treble suaranya, dan ukuran nya kecil, setengah dari ukuran pickup humbucker.

2.     AKTIF ATAU PASIF
Pickup pasif adalah pickup yang umum di gunakan pada gitar standard dan tidak memerlukan batrai untuk bisa berfungsi, dan menggunakan potensio berukuran 250k atau 500k.
untuk female jack output nya menggunakan female jack mono.
dan ketika ingin merubah pickup aktif menjadi pasif maka harus mengganti komponen yang ada dan wiringnya.
Pickup Aktif berkarakter lebih sensitive dan bersustain lebih panjang di banding pasif, dan memerlukan tenaga batrai agar bisa berfungsi, untuk potensionya berukuran 25k dan female jack output nya menggunakan female jack stereo yang juga berfungsi sebagai switch on/off batrai.

3.      UNTUK POSISI NECK MIDLE ATAU BRIDGE
Ada tiga jenis pickup sesuai dengan posisi dan karakter suaranya, yaitu pickup bridge yang terletak di dekat bridge/tremolo, dan berkarakter treble dengan sedikit kadar bass nya.
sedangkan pickup untuk posisi midle memiliki karakter medium, yaitu kadar high dan low nya sama.
dan pickup untuk posisi neck yang berkarakter low dan merupakan output asli dari karakter gitarnya. Pickup ini tempat nya di dekat fretboard.
maka dari itu jangan sampai salah penempatan ketika ingin membongkar pasang pickup, agar tidak membuyarkan suara gitar nantinya

4.       OUTPUT
Ada 3 pilihan output pada pickup.  yaitu high, midle dan low output.
pickup dengan output high atau besar akan lebih mudah terdistorsi, dan banyak di gunakan oleh band rock atau metal.
sedangkan pickup medium memiliki karakter suara tengah-tengah. Dan pickup low output berkarakter suara cenderung clean.
biasanya pickup jenis medium dan low di gunakan oleh band rock n roll, pop, jazz dll

5.        MAGNET CERAMIC ATAU ALNICO
Dua jenis magnet ini saja yang di gunakan pada pembuatan pickup, karena berdasarkan daya tariknya. Hanya 2 magnet ini yang dapat menghasilkan sound yang bagus.
akan tetapi banyak sekali perdebatan mengenai kedua magnet ini karena ada yang mengatakan alnico lebih baik dan ada juga yang mengatakan ceramic lebih baik.
tetapi sesuai dengan karakter output dari pickup dengan spesifikasi yang sama dan hanya berbeda magnet, kesimpulan yang saya dapat adalah magnet alnico lebih bersuara tajam dan harsh.
tetapi kembali lagi pada perdebatan tadi, bahwasannya saya tidak dapat membedakan pickup dengan magnet mana yang lebih bagus tanpa membaca lembar spesifikasinya.
Dengan ini apakah anda sudah mendapat gambaran untuk karakter pickup seperti apa yang akan anda gunakan untuk gitar dan bass anda?

baca juga artikel lain blog ini sebagai pertimbangan untuk alat musik anda.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free blogger Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes